Minggu, 22 Maret 2020

Arti ODP, PDP, hingga Imported Case yang Masuk Kamus Corona COVID-19

Arti ODP, PDP, hingga Imported Case yang Masuk Kamus Corona COVID-19

Tak sedikit istilah baru yang didengar masyarakat yang berkaitan dengan pasien virus corona atau COVID-19. Mulai dari ODP, PDP, suspect , dan cara penyebaran virus corona itu sendiri.

Dari penyakit yang sudah menjadi pandemi ini, masyarakat jadi paham dengan bermacam-macam istilah virus corona dalam dunia medis. Apa saja kira-kira?

Dirangkum Okezone Senin (23/3/2020), ini dia ulasan selengkapnya, yang mesti dipahami. Yuk simak!

ODP
Orang Dalam Pemantauan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendefinisikan ODP adalah sebutan untuk orang yang melakukan perjalanan dari negara terjangkit atau zona lain yang terjangkit di Indonesia.

PDP
Pasien Dalam Pengawasan, jika ODP di atas mengalami sakit maka statusnya langsung naik menjadi PDP. Sakit dalam gejala influenza sedang atau berat, misalnya ada batuk, flu, demam dan gangguan pernafasan seperti merasakan sesak.

Suspect
Apabila seseorang yang tadinya berstatus sebagai PDP pernah kontak dekat dengan orang yang positif terinfeksi COVID-19, maka orang yang awalnya berstatus PDP ini naik menjadi s uspect .

Carrier
Orang yang membawa alias pembawa virus. Pembawa virus biasanya bersifat asimtomatik, atau tidak bergejala. Tidak demam, tidak batuk, tubuh terasa fit, tidak mengalami sesak nafas. Padahal ada virus yang ia bawa di dalam tubuhnya, dan bisa menularkan ke orang lain.

Pemeriksaan spesimen
Pemeriksaan yang dilakukan pada orang-orang berstatus suspect , dilakukan dengan cara SWAB yakni tes menggunakan apusan tenggorokkan atau apusan kerongkongan. Namun saat ini, pemeriksaan spesimen sudah tidak perlu menunggu suspect terlebih dahulu. Sebab semua orang yang berstatus sebagai PDP sekarang harus diperiksa agar hasil penemuan bisa diperoleh cepat.

Imported case
Imported case artinya seseorang terinfeksi ketika sedang berada di luar negeri, baru ketahuan sakit dan positif setelah kembali ke negaranya masing-masing.

Local Transmission
Dalam Bahasa Indonesia artinya transmisi lokal. Artinya seseorang tertular dan menjadi pasien positif terinfeksi virus corona COVID-19 di wilayah yang ada kasus ditemukan.

Self isolation
Artinya mengisolasi diri sendiri di rumah. Tujuannya membatasi diri sendiri untuk berinteraksi dengan orang lain.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: