Selasa, 15 Mei 2018

Pemerintah: Puasa Ramadan 2018 Mulai Hari Kamis Pekan Ini

Pemerintah: Puasa Ramadan 2018 Mulai Hari Kamis Pekan Ini

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersyukur, umat muslim Indonesia kembali menjalani awal puasa Ramadan pada hari yang sama, yaitu Kamis (17/5/2018) pekan ini.
Keputusan itu ditetapkan melalui sidang itsbat yang digelar pada Selasa (15/5). Ketetapan pemerintah itu sama seperti jadwal yang telah ditentukan oleh Muhammadiyah.
“Hasil sidang itsbat tadi menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis, tanggal 17 Mei 2018,” kata Lukman di kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/5/2018).
Lukman menjelaskan, dalam sidang itsbat telah diterima laporan terkait dengan dua hal. Pertama, posisi hilal, dan kedua laporan dari pelaku rukyat hilal yang diselenggarakan di 95 titik seluruh Indonesia.
Peserta sidang itsbat yang dipimpin Menteri Agama pun mendengarkan kesaksian dari pelaku rukyat tersebut.
“Dalam sidang itsbat itu dilaporkan bahwa posisi hilal dinyatakan di Indonesia masih di bawah ufuk, yaitu berkisar minus 1 sampai 0 derajat dua menit. Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik sampai dengan sidang itsbat berlangsung, kita terima 32 pelaku, yang melaporkan tidak satu pun yang berhasil melihat,” jelasnya.
“Maka sebagaimana kententuan selama ini kami pegang, sebagaimana fatwa MUI, bulan Syaban bulan ini kita sempurnakan dengan istiqmal. Maka malam hari ini 30 Syaban,” katanya.

Baca juga : Blog Burung
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: